PSIKOBORNEO

Jurnal Ilmiah Psikologi

Hubungan Efikasi Diri dan Regulasi Emosi dengan Motivasi Berprestasi (Sri Wahyuni)

Submitted by: ,

On: Apr 10, 2013 @ 6:11 AM

IP: 222.124.217.155

  • Judul artikel eJournal: Hubungan Efikasi Diri dan Regulasi Emosi dengan Motivasi Berprestasi
  • Pengarang (nama mhs): Sri Wahyuni
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel bebas dan satu variabel terikat. Sampel pada penelitian ini adalah siswa-siswi SMK Negeri 1 Samarinda. Teknik pengambilan sampel menggunakan Stratified Random Sampling, dan didapatkan 90 sampel siswa SMK Negeri 1 Samarinda. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala efikasi diri, regulasi emosi, dan motivasi berprestasi. Skala yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala Likert. Uji Validitas menggunakan metode analisis Cronbach Alpha pada kolom Corrected Item-Total Correlated, dan uji reliabilitas menggunakan metode Cronbach Alpha. Pengujian hipotesis menggunakan uji analisis Regresi Model Ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara efikasi diri dengan motivasi berprestasi, yakni dengan perolehan perhitungan beta = 0.589, t = 6.886, dan p = 0.000,. Lalu pada perhitungan pada variabel Regulasi emosi dengan Motivasi Berprestasi didapatkan hasilnya beta = 0.197, t = 2.307, dan p = 0.023. Dan pada perhitungan keseluruhan, terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara efikasi diri dan regulasi emosi dengan motivasi berprestasi dengan perhitungan F = 41.611, R2 = 0.489, dan p = 0.000.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Kata Kunci : Efikasi Diri, Regulasi Emosi, Motivasi Berprestasi
  • NIM: 0702035018
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2007
  • Program Studi: Psikologi
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Diah Rahayu, S.Psi, M.Si & Lisda Sofia, S.Psi, M.Psi
  • Nama eJournal: eJournal Psikologi
  • Volume: 1
  • Nomor: 1
  • Tahun: 2013
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): eJournal Skripsi Sri Wahyuni

 

736,483 total views, 1 views today