PSIKOBORNEO

Jurnal Ilmiah Psikologi

PENGARUH CITRA MEREK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HANDPHONE NOKIA (Studi Kasus Toko Mars Cell Klandasan, Balikpapan) (VIVI ALVIONITA MOLY)

Submitted by: Moly, Vivi Alvionita
On: Nov 20, 2014 @ 2:03 PM
IP: 36.75.41.231

  • Judul artikel eJournal: PENGARUH CITRA MEREK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HANDPHONE NOKIA (Studi Kasus Toko Mars Cell Klandasan, Balikpapan)
  • Pengarang (nama mhs): VIVI ALVIONITA MOLY
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Perkembangan usaha dewasa ini telah diwarnai dengan berbagai macam persaingan di segala bidang, termasuk dibidang teknologi dan komunikasi. Nokia menjadi salah satu merek handphone yang sudah dikenal di Indonesia. Bahkan menjadi brand handphone ternama. Seiring berjalannya waktu handphone Nokia mengalami penurunan jumlah pembelian oleh konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian handphone Nokia pada konsumen Toko Mars Cell Balikpapan.
    Teknik penentuan sampel dengan menggunakan aksidental sampling. Metode analisa data yang digunakan adalah metode analisa deskriptif dan metode analisis regresi berganda. Jenis penelitian kuantitatif. Data diperoleh dengan menggunakan kuisioner dengan alat ukur yang digunakan adalah skala keputusan pembelian, skala citra merek dan skala kualitas produk. Data diolah secara statistik dengan program SPSS 17.00 for windows.
    Hasil penelitian membuktikan bahwa terdapat pengaruh antara citra merek dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian, yaitu dengan F = 550.295, R2 = 0.967, dan p = 0.000. Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara citra merek dengan keputusan pembelian dengan beta = 0.286, t = 2.055, dan p = 0.044, sedangkan kualitas produk dengan keputusan pembelian memiliki pengaruh yang positif dan signifikan dengan beta = 0.336, t =2.412, dan p = 0.019.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): keputusan pembelian, citra merek, kualitas produk
  • NIM: 1002095048
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2010
  • Program Studi: Psikologi
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: M. Ali Adriansyah, S.Psi., M.Si & Netty D. P, S.Psi.,M.Psi.,Psikolog
  • Nama eJournal: eJournal Psikologi
  • Volume: 2
  • Nomor: 3
  • Tahun: 2014
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): JURNAL VIVI (11-20-14-02-03-21).doc (106 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): JURNAL VIVI (11-20-14-02-03-21).pdf (62 kB)

1,028 total views, 2 views today