PSIKOBORNEO

Jurnal Ilmiah Psikologi

PENGARUH BUDAYA JAWA DAN HARGA DIRI TERHADAP ASERTIVITAS PADA REMAJA SISWA KELAS XDI SMA NEGERI 3 PONOROGO (WAHYUNI EKA PRATIWI)

Submitted by: Pratiwi, Wahyuni Eka
On: Feb 18, 2015 @ 5:23 AM
IP: 180.246.139.135

  • Judul artikel eJournal: PENGARUH BUDAYA JAWA DAN HARGA DIRI TERHADAP ASERTIVITAS PADA REMAJA SISWA KELAS XDI SMA NEGERI 3 PONOROGO
  • Pengarang (nama mhs): WAHYUNI EKA PRATIWI
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah terdapat pengaruh antaraBudaya Jawa dan harga diri terhadap asertivitas pada remaja.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X di SMA Negeri 3 Ponorogo sebanyak 80 siswa. Data ini dikumpulkan dengan skala Budaya Jawa, skala harga diri, dan skala aserivitas dengan model skala Likert. Data yang terkumpul dianalisis dengan uji regresi dengan bantuan program Statistical Package for Social Sciences (SPSS) 17.0 for Windows.
    Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat positif antara Budaya Jawa dan harga diri terhadap asertivitas pada remaja siswa kelas X di SMA Negeri 3 Ponorogo dengan nilai Fhitung> Ftabel = 27.214> 3.115, R2 = 0.414, dan p = 0.000. Kemudian dari hasil analisis regresi bertahap didapatkan hasil bahwa terdapat pengaruh positif antara Budaya Jawa terhadap asertivitas dengan Beta = 0.349, thitung>ttabel = 3.286 > 1.991, dan p = 0.002. Kemudian pada harga diri terhadap asertivitas memiliki pengaruh positif dengan Beta = 0.378, thitung>ttabel = 3.560 > 1.991, dan p = 0.001.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Asertivitas, Budaya Jawa, Harga Diri.
  • NIM: 1002095061
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2010
  • Program Studi: Psikologi
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: M. Ali Adriansyah, S.Psi., M.Si & Drs. Badruddin Nasir, M.Si
  • Nama eJournal: eJournal Psikologi
  • Volume: 3
  • Nomor: 1
  • Tahun: 2015
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): JURNAL YUNI (02-18-15-05-23-25).docx (35 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): JURNAL YUNI (02-18-15-05-23-25).pdf (50 kB)

628 total views, 1 views today