PSIKOBORNEO

Jurnal Ilmiah Psikologi

HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN KEHARMONISAN KELUARGA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMK KESEHATAN SAMARINDA (Buyung Desiverlina)

Submitted by: Desiverlina, Buyung 
On: Jun 16, 2015 @ 1:55 AM
IP: 36.82.214.204

  • Judul artikel eJournal: HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN KEHARMONISAN KELUARGA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMK KESEHATAN SAMARINDA
  • Pengarang (nama mhs): Buyung Desiverlina
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kecerdasan emosional dan keharmonisan keluarga dengan motivasi belajar siswa SMK Kesehatan Samarinda. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasi. Metode pengumpulan data menggunakan skala kecerdasan emosional, skala keharmonisan keluarga, dan skala motivasi belajar. Sampel penelitian ini adalah siswa SMK Kesehatan Smarinda sebanyak 50 orang. Teknik analisis data menggunakan regresi ganda.
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan emosional, keharmonisan keluarga dengan motivasi belajar memiliki hubungan yang sangat signifikan dengan F hitung = 4.927 > F tabel = 3.1504, R2 = 0.175, dan p = 0.011. kemudian, terdapat hubungan positif antara kecerdasan emosional dengan motivasi belajar dengan beta = 0.826, t hitung = 2.491 > t tabel = 2.000, dan p = 0.035 < 0.050. Pada keharmonisan keluarga dengan motivasi belajar diketahui bahwa tidak ada hubungan antara keduanya dengan beta = -0.501, t hitung = -0.501 0.050.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Kecerdasan emosional, keharmonisan keluarga, dan motivasi belajar.
  • NIM: 0702035017
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2007
  • Program Studi: Psikologi
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Diah Rahayu, S.Psi, M.Si, & Ali Adriansyah S.Psi, M.Si
  • Nama eJournal: eJournal Psikologi
  • Volume: 3
  • Nomor: 3
  • Tahun: 2015
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): eJournal Psikologi (06-16-15-01-55-21).docx (34 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): eJournal Psikologi (06-16-15-01-55-21).docx (34 kB)

543,471 total views, 1 views today